parlemen Profile

Mamat Rahmat dan Julukan Aa Umis; Punya Sejarah yang Cukup Unik

885 Views

Sosok Mamat Rahmat di DPRD Kota Tasikmalaya sudah tidak asing lagi. Ia menjabat sebagai salah seorang Wakil Ketua di lembaga legislatif tersebut. Namun, siapa sangka, sosok yang sudah menginjak usia senja ini masih dipanggil aa oleh kebanyakan orang.

Usut punya usut, Mamat mengaku ada sejarahnya. Pelekatan Aa terhadapnya itu katanya sebagai salah satu bentuk penghormatan atas jabatannya di masa lampau yang berhasil terpilih menjadi Ketua Pemuda di Kampungnya.

“Wah, sudah lama. Dari dulu saya selalu disebut Aa. Mungkin kalau sekarang Aa-nya itu singkatan dari Aki-aki. Hehehe,” jelas Mamat, di sela kegiatannya, Rabu, 20 April 2022.

Selain sebutan Aa, kata Umis pun melekat pada dirinya, seolah menjadi pengganti nama belakangnya. Aa Mamat Umis, begitu ia akrab disapa. Lagi-lagi, pelekatan kata Umis itu punya sejarah.

“Sejarahnya sama, pas saya ikut Pemilihan Ketua Pemuda,” imbuhnya.

Waktu itu, sambung, Mamat ada tiga kandidat lain yang mengikuti kontestasi tersebut. Uniknya, semua calon mempunyai nama depan yang sama, Mamat.

“Nah, dari situlah untuk membedakan masing-masing calon kami diberi julukan. Saya, Mamat Umis karena berkumis lebat, terus ada juga Mamat Endut karena badannya gemuk, kemudian Mamat Kana, karena nama ayahnya Mang Kana, dan sampai sekarang saya terkenalnya dengan nama Aa Mamat Umis,” pungkasnya. ***

Facebook Comments
zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Tonton Juga :  Potensi Kaum Wanita di Dalam Parlemen, Muslim: Sangat Terbuka Lebar

Add Comment

Click here to post a comment

%d blogger menyukai ini: