Daily News

Pemandangan Berbeda di Balai Kota Bandung, Tak Ada Mobil & Motor

BANDUNG | Priangan.com – Ada pemandangan berbeda di Balai Kota Bandung, Jumat, 17 Mei 2024. Sejumlah pegawai tampak berolahraga mulai dari senam, berjalan kali, jogging, hingga bersepeda.

Hal itu tak lepas dari digelarnya Friday Car Free di kawasan Balai Kota Bandung, sehingga tidak ada kendaraan bermesin yang terparkir di kawasan ini. Begitupun di kawasan Perkantoran Pemkot Bandung Jalan Cianjur.

Para pegawai yang menyambut baik program ini dan mulai beralih ke moda transportasi yang lebih ramah lingkungan. “Saya sangat mendukung program ini. Setiap Jumat, saya bersepeda ke kantor. Selain membantu mengurangi polusi, ini juga jadi momen saya untuk berolahraga,” ujar Wawan Kurniawan, Kepala Seksi Pengawasan Pembangunan Bangunan Gedung Negara Diciptabintar.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin menyampaikan, program ini telah berhasil disosialisasikan dengan baik.

“Alhamdulillah, teman-teman di kawasan Cianjur sudah mulai memahami dan mendukung program ini. Kami menyarankan beberapa alternatif transportasi menuju kantor, seperti diantar oleh suami kemudian didrop, menggunakan transportasi umum, atau memanfaatkan hari Jumat sebagai hari olahraga dengan bersepeda atau berjalan kaki melewati Jalan Ahmad Yani,” kata Ronny di Jalan Cianjur.

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretaris Dinas Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi dan Tata Ruang Kota Bandung, Rulli Subhanudin menyampaikan, program mobilitas tanpa polusi ini tidak hanya berfokus pada pengurangan emisi kendaraan, tetapi juga mendorong masyarakat untuk berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat.

“Dengan bersepeda atau berjalan kaki, kita tidak hanya mengurangi polusi udara tetapi juga meningkatkan kesehatan kita. Ini adalah langkah kecil yang bisa berdampak besar bagi lingkungan dan kualitas hidup kita,” jelas Rulli.

Tonton Juga :  Sempat jadi Loper Koran untuk Biayai Kuliah, Wahid: Pengalaman Berharga yang Membuat Saya Tetap Sederhana

Mendukung keberlangsungan program ini, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kuswara mengaku telah menyiapkan kendaraan untuk angkutan ASN di beberapa titik.

“Kita sudah menyiapkan kendaraan untuk angkutannya salah satunya di terminal Cicaheum, Antapani, Lewipanjang, Margahayu, Basemen Alun-alun, Padjajaran di PDAM dan di Ledeng,” ungkap Asep Koswara.

Asep juga menyampaikan, Pemkot Kota Bandung berharap program ini dapat diadopsi secara luas dan berkelanjutan.

“Kami sangat optimis dengan program ini. Ke depan, kami akan terus mengawal dan mengevaluasi pelaksanaan program ini agar dapat diterapkan di seluruh wilayah Bandung. Kami mengajak seluruh warga untuk mendukung dan menyukseskan program Friday Car Free. Bersama-sama, kita bisa mewujudkan Bandung yang lebih hijau dan sehat,” jelas Asep. (Yg)

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Add Comment

Click here to post a comment

%d blogger menyukai ini: