Daily News

Tiga Jalur Alternatif ke Pantai Pangandaran dari Kota Tasik

PANGANDARAN | Priangan.com – Kabupaten Pangandaran sejak dulu selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengisi waktu libur mereka. Pasalnya, di wilayah yang satu ini ada Pantai Pangandaran yang menyuguhkan pesona alam yang indah.

Para wisatawan yang hendak berkunjung, terurama dari kawasan Tasikmalaya, biasanya menggunakan jalur Nasional III yang meliputi kawasan Ciamis, Banjarsari, dan tembus ke Tugu Ikan Marlin, yang menjadi simbol dari Kabupaten Pangandaran.

Selain memakai jalur umum, ternyata ada sejumlah jalur lain yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Sejumlah jalur ini bisa dimanfaatkan apabila mereka ingin merasakan sensasi perjalanan yang berbeda.

1. Pantai Pangandaran Via Jalur Selatan Tasikmalaya

Nah, rute yang satu ini sangat cocok bagi para wisatawan yang memang benar-benar ingi liburan dan merasakan banyak sensasi pantai. Pasalnya, lewat jalur ini para wisatawan akan melintasi sejumlah pantai, mulai dari pantai yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, hingga ke Kabupaten Pangandaran.

Beberapa pantai yang akan dilewati di antaranta adalah Pantai Cipatujah, Pantai Sindangkerta, Pantai Karang Tawulan, Pantai Madasari, Pantai Batukaras, hingga Pantai Batu Hiu.

Untuk bisa melewati jalur ini, dari Kota Tasikmalaya para wisawatan bisa mengambil jalur Kawalu, kemudian Sukaraja, Cibalong, sampai ke Kecamatan Cipatujah. Dari Cipatujah, wisatawan hanya perlu lurus ke arah timur mengyisir pantai sampai tiba di Kabupaten Pangandaran.

2. Via Jalur Cineam

Untuk jalur Cineam, bisa diambil bagi para wisatawan yang ingin menempuh perjalanan dengan dihiasi pemandangan alam berupa perbukitan. Pasalnya, sepanjang jalur ini mayoritas melewati jalur peebukitan yang cukup sepi.

Bagi para wisatawan yang ingij menempuh jalur ini, dari Kota Tasikmalaya cukup mengambil jalur ke Manonjaya. Sesampainya di Manonjaya, ambil jalur Cineam yang tembus ke wilayah Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran.

Tonton Juga :  Cegah Stunting, Nurhayati Gaet Kaula Muda untuk Jadi Generasi Berencana

Meski demimian, ada hal yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum mengambil jalur ini, terutama bagi para wisawatan yang hendak memakai mobil. Di beberapa titik, kondisi jalan mengalami kerusakan, medannya pun cukup terjal dan sempit. Jadi, pastikan kendaraan dalam kondisi yang benar-benar prima sebelum memutuskan untuk melewati jalur ini.

3. Via Jalur Salopa

Nah, untuk rekomendasi rute terakhir ini cocok bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke pantai sekaligus ingin terlebih dahulu menikmati kesejukan di kawasan wisata danau lemona. Ya, melewati Kecamatan Salopa.

Untuk menempuh rute ini, para wisatawan yang berasal dari Kota Tasikmalaya cukuo ambil arah menuju Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya. Dari kecamatan itu, para wisawatan tinggal pilih jalur Batukaras dan Cijulang untuk bisa sampai ke Pantai Pangandaran.

Tapi ingat, lagi-lagi jalur alternatif yang satu ini mempunyai kondisi jalan yang kurang baik. Untuk itu, pastikan kondisi kendaraan yang dipakai dalam keadaan yang benar-benar prima. (wrd)

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Add Comment

Click here to post a comment

%d blogger menyukai ini: