Newsroom parlemen

Nurhayati Bagikan 12 Tips Jitu Cegah Stunting kepada Masyarakat Garut

218 Views

GARUT — Salah seorang anggota Komisi IX DPR-RI, Nurhayati Effendi, memberikan tips untuk mencegah stunting kepada masyarakat yang ada di sekitaran Kecamatan Talegong, Garut, Jawa Barat, pada Selasa, 28 November 2023.

Politisi asal PPP itu menyebutkan, sedikitnya ada 12 tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya stunting pada anak. Semua tips ini harus dilakukan pada saat bayi memasuki 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)

“Pertama, mengoptimalkan asupan gizi ibu selama kehamilan, selanjutnya pemberian ASI eksklusif hingga anak berusia 6 bulan, mengenalkan MPASI sehat dan bergizi seimbang setelah anak berusia 6 bulan, rutin mengonsumsi susu berkualitas yang khusus diformulasikan untuk anak, memberikan makanan bergizi seperti sayur, buah, protein hewani, dan karbohidrat, menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih, serta memberikan stimulasi dan interaksi yang cukup kepada anak,” bebernya.

Selain itu, sambung Nurhayati, tips lain yang juga tak kalah penting untuk dilakukan pada masa 1000 HPK anak adalah menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi, rutin memeriksakan kesehatan anak ke puskesmas atau dokter, mengikuti program imunisasi sesuai jadwal, mengajak anak untuk beraktivitas fisik, serta melibatkan seluruh anggota keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Dengan menerapkan berbagai tips tersebut, ia meyakini bahwa anak akan terhindarkan dari kondisi stunting. Karena, segala asupan nutrisinya tercukupi dengan baik.

“Periode 1000 HPK ini disebut sebagai masa keemasan pertumbuhan anak. Makanya penting untuk dilakukan intervensi di periode ini karena stunting menyebabkan anak mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan fisik dan mental dalam jangka panjang, yang pada akhirnya dapat mengurangi potensi anak untuk berkembang secara optimal,” tandasnya.

Facebook Comments
zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Tonton Juga :  Nurhayati Effendi Siap Fasilitasi Pelaku UMKM dalam Perolehan Izin BPOM

Add Comment

Click here to post a comment

%d blogger menyukai ini: