kenapa

Trotoar untuk Kaum Disabilitas Dirampas PKL, Kenapa?

232 Views

TASIKMALAYA | Priangan.com – Coba perhatikan trotoar di Jl. KH Zainal Musthafa, Kota Tasikmalaya, dan beberapa titik lainnya. Di sana ada ubin berwarna kuning dengan corak garis lurus dan bulat, seperti titik-titik. Semua itu bukan hiasan belaka. Ada fungsinya.

Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Bahagia, Lia Anjasmara, M.Pd, menjelaskan, ubin dengan pola lurus dan bulat-bulat itu adalah jalur khusus bagi para tunanetra. Disebutnya jalur pemandu atau guiding block.

Menurutnya, ubin dengan pola lurus-lurus adalah petunjuk bagi para tunanetra untuk jalan terus saat berjalan di atas trotoar. Tongkat yang digunakan para tunanetra itu bisa merabanya. Jika mendapat ubin yang teksturnya bulat-bulat, itu tandanya harus berhenti.

Namun, jalur pemandu itu dirampas para pedagang kaki lima (PKL) dan tiang penyangga iklan. Hampir di semua titik nasibnya sama. Bukan hanya di Jl. Hazet, tapi juga di Jl. Cihideung, area Alun-Alun dan titik lainnya. Terhalang lapak PKL. Kenapa? []

Naskah: Jay | Editor Video: Arie Budiman

Facebook Comments
zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Tonton Juga :  Bangun Air Mancur Mampu, Sediakan Air Bersih Susah

Add Comment

Click here to post a comment

priangan.com

Unggul di 6 Lembaga Survei, Relawan Jokowi di Garut Syukuran Kambing Guling

Unggul di 6 Lembaga Survei, Relawan Jokowi di Garut Syukuran Kambing Guling

27 Views PRIANGAN.COM | GARUT – Dinyatakan unggul di enam lembaga survei, relawan Jokowi di Garut, Jawa Barat, menggelar syukuran dengan membuat kambing guling. Selain makan bersama mereka juga kokohkan persatuan untuk menjalankan program ke depan.

Pemilu di Kota Tasik Masih Diwarnai Politik Uang

Pemilu di Kota Tasik Masih Diwarnai Politik Uang

21 Views PRIANGAN.COM | TASIKMALAYA – Jujur dan adil yang merupakan bagian dari asas Pemilu masih jauh panggang dari api. Dalam praktiknya, masih ada peserta pemilu yang melakukan melakukan pelanggaran, termasuk politik uang.

Salah Satu Korban Helikopter yang Jatuh di Tasikmalaya Akhirnya Pulang ke Garut

Salah Satu Korban Helikopter yang Jatuh di Tasikmalaya Akhirnya Pulang ke Garut

18 Views PRIANGAN.COM | GARUT – Setelah mengalami perawatan selama tiga pekan di Jakarta karena luka berat, salah satu korban pesawat helikopter jatuh yang terjadi di tasikmalaya akhirnya pulang ke kampung halamannya di garut.

KPU Kota Tasik Targetkan Rilis Hasil Pemilu di Akhir April

KPU Kota Tasik Targetkan Rilis Hasil Pemilu di Akhir April

16 Views PRIANGAN.COM | TASIKMALAYA – Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Tasikmalaya, Undang Gandhi Permana, mengatakan, proses penghitungan surat suara di KPPS sudah selesai, Sebagian besar kotak suara sudah diterima oleh PPS yang kemudian diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK.

%d blogger menyukai ini: