kenapa

Trotoar untuk Kaum Disabilitas Dirampas PKL, Kenapa?

196 Views

TASIKMALAYA | Priangan.com – Coba perhatikan trotoar di Jl. KH Zainal Musthafa, Kota Tasikmalaya, dan beberapa titik lainnya. Di sana ada ubin berwarna kuning dengan corak garis lurus dan bulat, seperti titik-titik. Semua itu bukan hiasan belaka. Ada fungsinya.

Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Bahagia, Lia Anjasmara, M.Pd, menjelaskan, ubin dengan pola lurus dan bulat-bulat itu adalah jalur khusus bagi para tunanetra. Disebutnya jalur pemandu atau guiding block.

Menurutnya, ubin dengan pola lurus-lurus adalah petunjuk bagi para tunanetra untuk jalan terus saat berjalan di atas trotoar. Tongkat yang digunakan para tunanetra itu bisa merabanya. Jika mendapat ubin yang teksturnya bulat-bulat, itu tandanya harus berhenti.

Namun, jalur pemandu itu dirampas para pedagang kaki lima (PKL) dan tiang penyangga iklan. Hampir di semua titik nasibnya sama. Bukan hanya di Jl. Hazet, tapi juga di Jl. Cihideung, area Alun-Alun dan titik lainnya. Terhalang lapak PKL. Kenapa? []

Naskah: Jay | Editor Video: Arie Budiman

Facebook Comments
zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Tonton Juga :  Perwakilan Ulama Bertanya, Kenapa Wakil Bupati Tasik Hanya Paparkan Kelemahan?

Add Comment

Click here to post a comment

priangan.com

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

21 Views PRIANGAN.COM | TASIKMALAYA – Ada banyak faktor penyebab kecelakaan di jalan raya. Salah satunya adalah kondisi kendaraan bermotor yang tak memadai dengan tidak adanya lampu atau tanda. Atas dasar tingginya angka lakalantas tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya memasang stiker pemantul cahaya, khususnya bagi kendaraan angkutan roda empat.

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

24 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sedikitnya dua rumah warga di Ciamis Jawa Barat rusak berat akibat tertimbun longsor dari tebing setinggi 50 meter, setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras. Beruntung seluruh penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

31 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sebuah alat transaksi mobile banking ditemukan bersama sejumlah handphone, charger, simcard di ruang tahanan lapas kelas 2b Ciamis dalam razia gabungan lapas, BNN dan Polres Ciamis selasa sore. Tak hanya itu, dari belasan warga binaan yang di tes urine, 4 orang diantaranya positif narkoba.

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

21 Views PRIANGAN.COM | PANGANDARAN – Ribuan nelayan Pangandaran mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor satu Jokowi – Ma’ruf Amin minggu siang. Nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ini menilai pemerintah Jokowi konsisten dalam menjaga sumber daya alam laut dari jarahan bangsa asing.

%d blogger menyukai ini: