dimana

Situ Sanghyang Tasikmalaya

594 Views

TASIKMALAYA | Priangan.com – Objek Wisata Situ Sanghyang berada di Desa Cibalanarik dan Desa Cilolohan, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Luas areanya sekitar 37 ha. Air di danau atau situ ini tak pernah surut, dan alam sekitarnya yang sangat rindang. Selain panorama alam yang indah, di lokasi tersebut terdapat pula situs Prabu Linggawastu yang memiliki nilai sejarah.

Di sekitar makam kuno ini dapat ditemukan batu pancalikan, yaitu tahta yang terbuat dari batu dan digosok secara halus sampai mengkilap. Tahta ini hanya digunakan pada upacara penobatan. Di atas tahta itu calon raja diberkati oleh pendeta tertinggi. Tempat tahta ini, sesuai tradisi, berada di kabuyutan kerajaan, tidak di dalam istana.

Dari cerita lisan masyarakat setempat diketahui, di kawasan itu pernah berdiri Kerajaan Galuh Sanghyang dan Kerajaan Saung Gentong. Pendapat ini dikuatkan dengan penemuan beberapa benda bersejarah. Penemuan terakhir yang terkait dengan Situ Sanghyang adalah sebuah prasasti kuno berupa batu berdiameter 1,8 meter yang ditemukan di sebuah kebun, di Kampung Nangklong, Desa Linggaraja, Kecamatan Sukaraja, berjarak 5 km dari lokasi Situ Sanghyang.

Di atas batu tersebut terlihat ukiran seperti gambaran sebuah peta dan terdapat tulisan menyerupai angka 0, 1 dan 5. Selain menemukan batu itu, Hasbini sang penemu dan pemilik kebun, menemukan beberapa batu yang berukuran lebih kecil dengan diameter 50 cm dan memiliki motif seperti garis yang menggambarkan perbukitan daerah sekitar. []

Naskah: Soekapoera Institute

Facebook Comments
zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Tonton Juga :  Anyaman Bambu dari Situ Beet Kota Tasik Dikirim Sampai Sumatera

Add Comment

Click here to post a comment

priangan.com

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

21 Views PRIANGAN.COM | TASIKMALAYA – Ada banyak faktor penyebab kecelakaan di jalan raya. Salah satunya adalah kondisi kendaraan bermotor yang tak memadai dengan tidak adanya lampu atau tanda. Atas dasar tingginya angka lakalantas tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya memasang stiker pemantul cahaya, khususnya bagi kendaraan angkutan roda empat.

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

24 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sedikitnya dua rumah warga di Ciamis Jawa Barat rusak berat akibat tertimbun longsor dari tebing setinggi 50 meter, setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras. Beruntung seluruh penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

31 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sebuah alat transaksi mobile banking ditemukan bersama sejumlah handphone, charger, simcard di ruang tahanan lapas kelas 2b Ciamis dalam razia gabungan lapas, BNN dan Polres Ciamis selasa sore. Tak hanya itu, dari belasan warga binaan yang di tes urine, 4 orang diantaranya positif narkoba.

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

22 Views PRIANGAN.COM | PANGANDARAN – Ribuan nelayan Pangandaran mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor satu Jokowi – Ma’ruf Amin minggu siang. Nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ini menilai pemerintah Jokowi konsisten dalam menjaga sumber daya alam laut dari jarahan bangsa asing.

%d blogger menyukai ini: