Daily News

Pelantikan Pimpinan Saka Bakti Husada: Membangun Generasi Sehat untuk Masyarakat

TASIKMALAYA Priangan.com – Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada (SBH) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya menggelar acara pelantikan pimpinan SBH pada Senin, 11 Desember 2023. Acara yang dihadiri oleh berbagai tokoh penting, antara lain Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya dan jajaran, bertujuan untuk meningkatkan kader pembangunan di bidang kesehatan.

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Pembimbing SBH, dr. H. Heru Suharto, M.Kes, menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan terselenggaranya acara pelantikan ini. Beliau juga mengajak semua peserta untuk senantiasa menjaga kesehatan dan memulai acara dengan salam pramuka.

“Salam pramuka! Mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena pada hari ini kita bisa berkumpul untuk melaksanakan kegiatan pelantikan pimpinan Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya tahun 2023 dalam keadaan sehat wal’afiat,” ujar dr. H. Heru Suharto.

SBH merupakan satu-satunya Satuan Karya Pramuka Bakti Husada yang fokus pada kegiatan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kesehatan. Tujuannya adalah untuk membangun kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi Gerakan Pramuka dan masyarakat di sekitarnya.

Dalam pengembangannya, SBH telah berhasil membina 710 anggota yang tersebar di 39 pangkalan. Anggota ini terdiri dari Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putra dan Putri yang menjadi anggota gugus depan di wilayah ranting. Dr. H. Heru Suharto menekankan pentingnya mengembangkan bakat, minat, kemampuan, dan pengalaman anggota SBH di berbagai bidang.

Pada acara pelantikan tersebut, dilantiklah kepengurusan SBH Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya masa bakti 2022-2027. Dr. H. Heru Suharto memperkenalkan susunan kepengurusan yang terdiri dari berbagai bidang, seperti Pengembangan SDMK, Pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Keluarga, Penanggulangan Penyakit, Bina Gizi, Bina Obat, dan PHBS.

Tonton Juga :  Mencicipi Bakso Kekinian di Wisata Kuliner Tasik Motekar

“Saya ucapkan selamat kepada para pengurus. Semoga bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin,” tutur dr. H. Heru Suharto.

Melalui Saka Bakti Husada, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan hidup sehat anggotanya dan memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Ketua Majelis Pembimbing juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama membuat perubahan menuju arah yang lebih baik di masyarakat dengan mengubah perilaku untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara optimal. (wrd)

Add Comment

Click here to post a comment

%d blogger menyukai ini: