apa

Minyak Pertamina Merembes, Warga Disuruh Tutup Mulut

769 Views

TASIKMALAYA | Priangan.com – Pembersihan tangki minyak di PT Pertamina Marketing Operation Region III TBBM Tasikmalaya, Jl. Garuda, Kota Tasikmalaya, merugikan warga sekitar.

Minyak berjenis solar dari pembersihan tersebut merembes ke tanah milik masyarakat. Akibatnya, sawah-sawah tercemari, ternak dan ikan banyak yang mati. Menurut warga, kejadian itu sudah berlangsung sekitar tiga hari lalu. Namun, PT Pertamina lambat  merespons. Malah minta warga tutup mulut, jangan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak luar.

“Jangan bilang-bilang, nanti diganti,” ujar Onih, pemilik kolam ikan yang tercemar, menirukan ucapan pegawai Pertamina. Ia mengaku, akibat terjadinya rembesan, ikan-ikan miliknya mati dan tidak bisa dikonsumsi.

Hal serupa dialami Syarif Hidayat. Beberapa bebek miliknya mati. Begitupun dengan sawah-sawah di sekitar. Tercemar. Warga pasrah. Saat awak  media hendak mengonfirmasi kejadian tersebut, Kamis, 8 Maret 2018, Pertamina kurang merespons. Alih-alih mendapatkan klarifikasi, malah berhadapan dengan petugas keamanan yang cenderung arogan.

Selang beberapa jam, Unit Manager Communication and CSR III, Dian Hapsari Firasati, memberikan klarifikasi. “Ini sebenarnya bukan kebocoran pipa. Jadi, kami melakukan pekerjaan rutin, melakukan pembersihan tangki pendam. Kemudian tahapannya setelah itu dilakukan pemisahan zat cair dan padat. Karena mungkin cuacanya hujan, sehingga terjadi rembesan film minyak,” tuturnya.

Dian mengatakan, rembesan minyak itu tidak membahayakan. Kendati begitu, pihaknya akan melakukan inventarisir dan memberikan ganti rugi kepada warga yang terdampak kejadian tersebut. []

Naskah: Jay | Editor Video: Arie Budiman

Facebook Comments
zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Tonton Juga :  Perempuan Tangguh Pilih Jokowi

Add Comment

Click here to post a comment

%d blogger menyukai ini: