apa

Melacak Jejak Erupsi Gunung Galunggung; Empat Kali Meletus, Pertama pada 1822

544 Views

TASIKMALAYA | Priangan.com – Gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat, merupakan gunung berapi yang hingga sekarang masih aktif. Berada di Desa Linggajati, Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan rilis vsi.esdm.go.id, Gunung Galunggung pernah meletus sebanyak empat kali. Letusan pertama pada 1822. Tanda-tanda letusan diketahui pada Juli 1822. Air Cikunir keruh dan berlumpur. Airnya panas dan kadang muncul kolom asap.

Pada 8 Oktober s.d. 12 Oktober, letusan menyebabkan hujan pasir. Warna pasinya kemerahan dan sangat panas. Itu disertai abu halus, awan panas, dan lahar. Musibah itu menyebabkan 4.011 orang meninggal dunia.

Letusan kedua terjadi pada 1894. Pada 7 Oktober s.d. 9 Oktober 1894, letusan menghasilkan awan panas. Rentang 27 Oktober s.d. 30 Oktober 1894, lahar mengalir pada alur sungai. Akibat musibah itu, sebanyak 50 desa hancur.

Letusan ketiga terjadi pada 1918. Pada 6 Juli 1918, erupsi diawali gempa bumi. Menyebabkan hujan abu setebal 2 s.d. 5 mm. Pada 19 Juli 1918 muncul kubah lava di dalam danau. Tingginya 85 meter dengan ukuran 560 x 440 meter.

Letusan keempat pada 1982 s.d. 1983. Senin, 5 April 1982, terjadi letusan yang disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar. Erupsi berlangsung selama 9 bulan. Berakhir pada 8 Januari 1983. []

Naskah: Irfal Mujaffar | Kamerawan: Narendra A – Sendi S. Fauzi | Editor Video: Eki Kurnia Sandi

Facebook Comments
zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Tonton Juga :  Alasan Pembangunan Jembatan Cirahong

Add Comment

Click here to post a comment

priangan.com

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

21 Views PRIANGAN.COM | TASIKMALAYA – Ada banyak faktor penyebab kecelakaan di jalan raya. Salah satunya adalah kondisi kendaraan bermotor yang tak memadai dengan tidak adanya lampu atau tanda. Atas dasar tingginya angka lakalantas tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya memasang stiker pemantul cahaya, khususnya bagi kendaraan angkutan roda empat.

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

24 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sedikitnya dua rumah warga di Ciamis Jawa Barat rusak berat akibat tertimbun longsor dari tebing setinggi 50 meter, setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras. Beruntung seluruh penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

31 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sebuah alat transaksi mobile banking ditemukan bersama sejumlah handphone, charger, simcard di ruang tahanan lapas kelas 2b Ciamis dalam razia gabungan lapas, BNN dan Polres Ciamis selasa sore. Tak hanya itu, dari belasan warga binaan yang di tes urine, 4 orang diantaranya positif narkoba.

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

21 Views PRIANGAN.COM | PANGANDARAN – Ribuan nelayan Pangandaran mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor satu Jokowi – Ma’ruf Amin minggu siang. Nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ini menilai pemerintah Jokowi konsisten dalam menjaga sumber daya alam laut dari jarahan bangsa asing.

%d blogger menyukai ini: