dimana

Berstandar Internasional, Lapangan Pacuan Kuda Dadaha Tinggal Cerita

214 Views

TASIKMALAYA | Priangan.com – Tradisi berkuda sudah dikenal kalangan menak Sukapura sejak ratusan tahun silam. Dilakukan sebagai simbol keberanian dan kepiawaian dalam berperang.

Dalem Bintang mempelopori perkembangan pacuan kuda di Priangan. Beliau sukses memajukan Preanger Wedloop Sociëteit yang berdiri tahun 1853 di Cianjur. Pacuan Kuda menjadi olahraga para menak, orang Eropa, dan saudagar pribumi. Mereka menyewa para joki andal untuk menguji kuda-kudanya.

Memasuki 1920-an, Tasikmalaya terkenal dengan lapangan pacuan kudanya. Dikenal dengan nama Lapangan Pengaduan Kuda Dadaha. Diambil dari gelar bupati Sukapura “Wiradadaha” yang berarti ksatria pemberani. Lapangan itu berstandar internasional di Hindia-Belanda.

Musim pacuan kuda selalu ditunggu-tunggu masyarakat Tasikmalaya. Acaranya selalu semarak, karena dimeriahkan oleh pasar malam, roullet, dan layar tancap. Diselenggarakan sepuluh hari dan kegiatannya terkonsentrasi di Lapangan Dadaha.

Pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar f.5,- untuk semua hiburan. Masyarakat datang berbondong-bondong dan tribun penonton selalu terisi penuh. Anak-anak, remaja, hingga orang dewasa selalu antusias menyaksikan jalannya pertandingan. Kalangan menak, bangsa Eropa, dan rakyat jelata membaur menikmati aksi para joki di medan laga. Joki yang menang biasanya disambut oleh para pendukungnya untuk melakukan selebrasi bersama. []

Naskah: Irfal Mujaffar | Editor video: Arie Budiman

Facebook Comments
zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Tonton Juga :  Pasar Ceplak Garut; Mau Jajan Apa, Semua Ada di Sini

Add Comment

Click here to post a comment

priangan.com

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

21 Views PRIANGAN.COM | TASIKMALAYA – Ada banyak faktor penyebab kecelakaan di jalan raya. Salah satunya adalah kondisi kendaraan bermotor yang tak memadai dengan tidak adanya lampu atau tanda. Atas dasar tingginya angka lakalantas tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya memasang stiker pemantul cahaya, khususnya bagi kendaraan angkutan roda empat.

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

24 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sedikitnya dua rumah warga di Ciamis Jawa Barat rusak berat akibat tertimbun longsor dari tebing setinggi 50 meter, setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras. Beruntung seluruh penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

31 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sebuah alat transaksi mobile banking ditemukan bersama sejumlah handphone, charger, simcard di ruang tahanan lapas kelas 2b Ciamis dalam razia gabungan lapas, BNN dan Polres Ciamis selasa sore. Tak hanya itu, dari belasan warga binaan yang di tes urine, 4 orang diantaranya positif narkoba.

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

21 Views PRIANGAN.COM | PANGANDARAN – Ribuan nelayan Pangandaran mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor satu Jokowi – Ma’ruf Amin minggu siang. Nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ini menilai pemerintah Jokowi konsisten dalam menjaga sumber daya alam laut dari jarahan bangsa asing.

%d blogger menyukai ini: