kenapa

Alasan PMII Kabupaten Tasik Tolak UU MD3

267 Views

TASIKMALAYA | Priangan.com – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Tasikmalaya menolak pengesahan hasil revisi atas UU 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), karena mencederai prinsip demokrasi.

Penolakan tersebut disampaikan saat beraudiensi dengan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, di gedung dewan, Kamis, 8 Maret 2018. Mereka juga mendesak Presiden untuk tidak menandatangani revisi UU tersebut, dan segera mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang.

Ada tiga materi yang mereka persoalkan dalam UU MD3, yaitu mengenai fungsi pengawasan oleh DPR sebagaimana dijelaskan dalam pasal 73 ayat 3, pemberian wewenang kepada Majelis Kehormatan Dewan (MKD) untuk mengambil langkah hukum kepada pihak yang dinilai merendahkan kehormatan DPR sebagaimana tertuang dalam pasal 122 huruf k, dan pemeriksaan secara sepihak oleh penegak hukum harus ada persetujuan tertulis dari Presiden atas pertimbangan MKD seperti ditulis dalam pasal 245 ayat 1.

“Dari ketiga pasal tersebut, PC PMII Kabupaten Tasikmalaya memandang bahwa hasil revisi UU MD3 merupakan kemunduran demokrasi, dan DPR gagal dalam membuat perundang-undangan,” tutur Zamzam Multazam, perwakilan mahasiswa. []

Naskah: Jay | Editor Video: Eki Kurnia Sandi

Facebook Comments
zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
Tonton Juga :  Kursi Ketua Dewan Ruhimat Dicongkel, Kenapa?

Add Comment

Click here to post a comment

priangan.com

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

Stiker Pemantul Cahaya Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas

21 Views PRIANGAN.COM | TASIKMALAYA – Ada banyak faktor penyebab kecelakaan di jalan raya. Salah satunya adalah kondisi kendaraan bermotor yang tak memadai dengan tidak adanya lampu atau tanda. Atas dasar tingginya angka lakalantas tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya memasang stiker pemantul cahaya, khususnya bagi kendaraan angkutan roda empat.

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

Longsor Tebing 50 Meter Menimpa Dua Rumah Warga Ciamis

24 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sedikitnya dua rumah warga di Ciamis Jawa Barat rusak berat akibat tertimbun longsor dari tebing setinggi 50 meter, setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras. Beruntung seluruh penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

Token Mobile Banking Dan Handphone Ditemukan Dalam Ruangan Lapas Kelas 2b Ciamis

31 Views PRIANGAN.COM | CIAMIS – Sebuah alat transaksi mobile banking ditemukan bersama sejumlah handphone, charger, simcard di ruang tahanan lapas kelas 2b Ciamis dalam razia gabungan lapas, BNN dan Polres Ciamis selasa sore. Tak hanya itu, dari belasan warga binaan yang di tes urine, 4 orang diantaranya positif narkoba.

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

Deklarasi Dukungan Nelayan Pangandaran Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

21 Views PRIANGAN.COM | PANGANDARAN – Ribuan nelayan Pangandaran mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor satu Jokowi – Ma’ruf Amin minggu siang. Nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ini menilai pemerintah Jokowi konsisten dalam menjaga sumber daya alam laut dari jarahan bangsa asing.

%d blogger menyukai ini: